Karena meningkatnya jumlah orang yang terdampak virus epidemik virus seperti H1N1, para profesional medis merekomendasikan bahwa setiap orang dari usia 6 bulan ke atas harus mendapatkan vaksin flu untuk perlindungan. Ini sangat penting terutama bagi individu dengan kekebalan rendah dari infeksi virus. Vaksinasi harus diambil segera setelah vaksin tersedia dan harus berlanjut sepanjang musim influenza.

Ada dua jenis vaksin yang akan diberikan untuk individu, suntikan flu dan semprotan hidung untuk flu. Vaksin flu adalah vaksin yang tidak aktif yang mengandung virus yang dimatikan dan biasanya diberikan melalui suntikan di lengan. Orang yang berusia lebih dari 6 bulan diizinkan menerima suntikan flu. Flu semprotan hidung adalah vaksin yang dibuat dari virus flu yang melemah dan diberikan melalui semprotan hidung. Ini diberikan kepada orang sehat yang berusia 2 hingga 49 tahun. Vaksin ini tidak berlaku untuk wanita hamil.

Saat ini, orang dapat melakukan vaksinasi di rumah sakit atau di tempat suntik meningitis. Namun, jika anggaran Anda terbatas, vaksinasi Anda dapat dilakukan di klinik kesehatan umum dengan sedikit atau tanpa uang sama sekali. Beberapa sekolah lokal, apotek, gereja, dan pusat senior juga menawarkan vaksinasi gratis selama musim ini.

Vaksin flu disarankan untuk semua individu untuk memberikan perlindungan tubuh mereka dari penyakit influenza. Wanita hamil, anak-anak usia lima dan lebih muda, orang di atas lima puluh tahun, orang dengan kondisi medis kronis tertentu, dan orang di panti jompo harus divaksinasi. Selain itu, profesional kesehatan juga harus mendapatkan perlindungan karena mereka selalu terpapar dengan orang sakit.

Orang yang alergi telur, anak-anak kurang dari enam bulan, orang dengan penyakit parah, dan orang dengan sindrom guillain-barre: gangguan peradangan akut yang memicu infeksi akut perlu berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum mendapatkan vaksin flu. Perlu diingat bahwa efek positif dari vaksin tergantung pada usia dan status kesehatan seseorang.

Di sisi lain, Anda harus menyadari bahwa vaksinasi influenza memiliki beberapa efek samping seperti sakit, kemerahan, bengkak, dan demam. Efek samping ini biasanya terjadi beberapa jam setelah vaksin diberikan. Efek samping minor hanya bersifat sementara dan tidak menyebabkan penyakit serius. Namun, jika gejalanya terus terjadi dan menjadi parah maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.